Total Tayangan Halaman

45875

Rabu, 09 Mei 2012

 Tips Membeli Produk Baja Ringan
1. Lapisan Anti Karat
     Pada umumnya ada 2 jenis lapisan anti karat baja ringan, yaitu galvanis ( Z ) dan
alumunium zinc ( AZ ) yang sering disebut juga dengan nama zincallum. Kedua lapisan
tersebut sama]sama berkualitas bagus apabila memenuhi standar lapisan ( coating ) yang
disyaratkan. Untuk alumunium zinc ( AZ ) yang berkadar 100 gr/m2 setara dengan
galvanis ( Z ) yang berkadar 180 gr/m2. Mintalah bukti hasil uji kadar lapisan anti karat
baja ringan, karena kadar lapisan anti karat tidak bisa ditentukan hanya dengan melihat
wujud fisik suatu profil baja ringan. Kadar lapisan anti karat yang tercantum pada brosur,
surat penawaran, ataupun surat kontrak suatu perusahaan baja ringan belum tentu
terjamin kebenarannya.

2. Penawaran Harga
     Untuk menghindari perusahaan baja ringan yang nakal ( suka mengurangi
jumlah profil, bahan dan spesifikasi ), selain menunjukkan harga per meter persegi dan
spesifikasi bahan atau material yang dipakai, penawaran produk baja ringan yang
lengkap harus dilampiri gambar kerja dan gambar detail kuda]kuda. Gambar kerja
( Roof Layout ) yang lengkap biasanya terdiri dari gambar pengaku batang bawah ( BC
Bracing ), gambar pengaku batang atas ( TC Bracing ), pengaku ikatan angin, gambar
dudukan kuda]kuda ( wallplate ), gambar pengaku web, atau pengaku yang lainnya
sesuai kebutuhan struktur baja ringan suatu proyek.

3. Gambar Pengaku
Seperti yang telah dijelaskan pada poin di atas, bahwa gambar penawaran
(Gambar kerja) yang lengkap terdiri dari gambar pengaku batang bawah ( BC Bracing ),
gambar pengaku batang atas ( TC Bracing ), pengaku ikatan angin, gambar dudukan
kuda]kuda ( wallplate ), gambar pengaku web, atau pengaku yang lainnya sesuai
kebutuhan struktur baja ringan suatu proyek. Kenapa gambar]gambar tersebut perlu
dilampirkan? Agar setiap customer mempunyai kemampuan untuk mengecek apakah
struktur baja ringan yang dipasang benar]benar sesuai dengan struktur baja ringan yang
ada di kontrak kerja. Sehingga perusahaan baja ringan yang bersangkutan tidak dapat
bertindak nakal (mengurangi jumlah profil baja ringan atau material lain yang dipasang).

4. Marketing Engineer
Seorang Marketing Engineer atau Sales Engineer suatu perusahaan baja ringan
harus mampu menjelaskan produk baja ringan yang dibawanya. Apalagi produk baja
ringan merupakan produk struktural yang apabila terjadi kegagalan struktur dapat
merenggut korban jiwa. Maka dari itu seorang Marketing Engineer harus mampu
menjelaskan setiap aspek yang berkaitan dengan produk, fungsi, serta kelebihan sistem
struktur baja ringan yang dibawanya, tidak hanya berperan sebagai kurir ( pengantar
surat penawaran ).


5. Mutu Baja
Konstruksi baja ringan pada umumnya memiliki mutu baja G550 Mpa. Untuk
menentukan mutu baja suatu profil baja ringan tidak bisa hanya melihat dari wujud
fisiknya saja. Mintalah hasil uji tertulis keluaran dari lembaga resmi terkait yang
menerangkan bahwa mutu baja suatu profil baja ringan benar]benar seperti yang
disyaratkan.

6. Harga
Jangan terpancing dengan harga murah yang ditawarkan oleh suplier baja
ringan. Cermatilah setiap hal mulai dari profil, connector, pengaku atau bracing, sertifikat
kadar lapisan anti karat ( coating ), mutu baja, dan hal]hal lainnya, sehingga harga yang
ditawarkan memang benar]benar pantas dengan semua item barang yang didapat.

7. Original Sistem Struktur ( HatiHati
Tindakan Penipuan )
Seperti halnya produk komersial lainnya yang laku keras dipasaran, produk baja
ringan Pryda sebagai pemimpin pasar produk baja ringan di Indonesia tidak lepas dari
peniruan ataupun penjiplakan sistem ( mulai dari bentuk profil, connector, screw, dll )
yang dilakukan oleh perusahaan baja ringan lain yang ingin memanfaatkan konsumen
awam yang tidak mengerti seluk]beluk baja ringan. Untuk menghindari penipuan dari
pihak]pihak yang mengaku sebagai Fabrikator Pryda padahal produk yang dibawa
BUKAN dari atau merek Pryda, mintalah bukti tertulis dan bukti pendukung lainnya
bahwa perusahaan baja ringan yang bersangkutan merupakan fabrikator atau distributor
resmi

8. Surat Garansi
Banyak konsumen yang merasa senang dan tenang apabila perusahaan baja
ringan yang bersangkutan mampu memberikan surat garansi, bahkan ada yang
memberikan garansi seumur hidup. Ironinya adalah banyak perusahaan baja ringan
berbadan hukum baik C.V. maupun P.T. bersedia memberikan surat garansi, tapi pada
kenyataannya struktur baja ringan yang dipasang mengalami kegagalan struktur hingga
mengakibatkan kerobohan atap yang memakan korban jiwa, terlebih lagi pihak]pihak
yang seharusnya bertanggung jawab saling lempar tanggung jawab. Track record
perusahaan, sistem struktur, dan kredibilitas suatu perusahaan baja ringan menjadi
pertimbangan utama selain surat garansi yang bisa dicetak setiap saat. Jaminan surat
garansi yang dapat dipertanggungjawabkan adalah berdasarkan Undang]Undang Nomor
18 tahun 1999 tentang  Jasa Konstruksi

30. Jumlah Screw
Detail perhitungan menjadi perhatian utama dalam setiap bangunan sipil.
Termasuk juga detail atau jumlah screw dalam setiap join atau buhul kuda]kuda baja
ringan. Jumlah screw tiap join atau buhul kuda]kuda dapat dilihat pada gambar detail
kuda]kuda ( Truss Detail Sheet ).

9. Gambar Detail Kudakuda
( Truss Detail Sheet )
Seperti yang telah disinggung pada Poin 2, gambar penawaran produk baja
ringan yang lengkap harus dilampiri gambar kerja dan gambar detail kuda]kuda ( Truss
Detail Sheet ). Gambar detail kuda]kuda harus memiliki hasil analisa struktur,
diantaranya : jumlah screw tiap buhul atau join kuda]kuda, gaya tekan yang bekerja pada
tiap tumpuan kuda]kuda, chamber ( lendutan ) yang diizinkan, jenis]jenis profil yang
dipakai, ketebalan tiap profil yang dipakai, besar beban genteng dan plafond, dan lainlain.

10. Besar Beban Pada Tumpuan Kudakuda
Seperti halnya jumlah screw, besar gaya tekan pada setiap tumpuan kuda]kuda
harus dapat ditunjukkan pada gambar detail kuda]kuda. Untuk genteng dengan berat
yang besar dan bentangan kuda]kuda yang besar ( misalnya saja genteng keramik atau
genteng beton ) tentu gaya tekan yang dihasilkan akan sangat besar bahkan bisa
mencapai 1 s/d 2 ton. Besar gaya tekan ini dapat dilihat pada gambar detail kuda]kuda,
software perhitungan baja ringan yang handal mampu memberikan data gaya tekan
tersebut.

11. Dudukan Tumpuan Kudakuda
Mengingat beban pada tumpuan kuda]kuda sangat besar ( seperti yang telah
dijelaskan pada poin 32 ), diperlukan adanya dudukan khusus untuk menahan beban
gaya tekan tersebut. Dudukan pada tumpuan kuda]kuda harus teruji dan memiliki
sertifikasi hingga mampu menahan beban lebih dari 2 ton. Karena salah satu penyebab
kegagalan struktur kuda]kuda adalah ketidakmampuan dudukan tumpuan kuda]kuda
dalam menahan beban.

12. Survei Lapangan
Diperlukan adanya orang khusus untuk mensurvei lokasi proyek yang akan
dipasang struktur rangka atap baja ringan, karena sering terjadi perubahan antara
gambar rencana proyek dan realisasi pelaksanaan di lapangan, sehingga potensi
permasalahan dapat ditemukan dan dicarikan solusinya dari awal.

13. Bor Screw
Untuk menghindari keausan sebuah screw yang dipasang, bor screw yang
digunakan harus mempunyai kontrol torsi ( mesin bor akan berhenti apabila screw yang
dipasang sudah mencapai kekuatan putar tertentu ). Banyak perusahaan baja ringan
yang menggunakan bor tanpa kontrol torsi, diharapkan konsumen lebih barhati]hati dan
lebih kritis dalam hal ini.

14. Gurinda Potong ( Alat pemotong profil )
Profil baja ringan yang memenuhi standar bahan dan coating yang disyaratkan
sangat sulit dipotong dengan gunting atau alat pemotong biasa. Sehingga diperlukan
mesin pemotong profil dalam proses pengerjaannya. Anda harus lebih kritis dan berhatihati
apabila ada perusahaan yang memotong profil dengan menggunakan gunting atau
alat pemotong biasa, karena besar kemungkinan ketebalan profil dan ketebalan lapisan
anti karat (coating ) nya tidak memenuhi standar peraturan yang ditetapkan.

15. Ketebalan Profil
Ketebalan profil minimum yang disyaratkan peraturan struktur baja ringan
sehingga mempunyai standar keamanan yang tinggi adalah 0.8 mm untuk batang tarik
dan batang tekan ( termasuk juga batang pengisi atau web ), dan 0.5 mm untuk reng.
Perusahaan baja ringan yang bersangkutan harus dapat menunjukkan sertifikat hasil uji
berkaitan dengan ketebalan profil yang dipakai.










#SEMOGA BERMANFAAT#


2 komentar: